Cara Tetap Fokus Pada Pekerjaan

Sinopsis Film Focus, Will Smith Harus Memilih Wanita atau Profesi : Okezone  CelebrityDi mana pun Anda bekerja, Anda mungkin merasa terkadang sulit berkonsentrasi. Mungkin karena masuknya email yang terus-menerus mengganggu alur kerja Anda atau karena kantor Anda berkonsep terbuka dan Anda tidak dapat menutup pintu karena suara rekan kerja Anda mengobrol, bersenandung, atau berbicara di telepon.

Apapun masalahnya, berikut 8 hal yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah konsentrasi:

1. Dapatkan kenyamanan

Sulit untuk berkonsentrasi jika Anda merasa tidak nyaman dengan ruang kerja Anda. Jika Anda bekerja dengan komputer di meja, sesuaikan tempat duduk Anda sehingga Anda duduk dengan punggung tegak dan kaki Anda kokoh di lantai. Selanjutnya, sesuaikan monitor Anda untuk memastikan bahwa layar Anda sejajar dengan mata dan tangan Anda bertumpu pada keyboard dengan siku ditekuk kira-kira pada sudut 90 °.

Jika tempat kerja Anda terlalu hangat atau terlalu dingin untuk Anda sukai dan Anda tidak dapat mengontrol suhu secara keseluruhan, kenakan pakaian yang pantas. Cobalah memakai lapisan jika Anda sensitif terhadap panas atau dingin, atau jika suhu kantor Anda cenderung berfluktuasi sepanjang hari.

2. Simpan telepon Anda

Ini mungkin sulit jika Anda terbiasa meletakkan ponsel di dekat Anda, tetapi ini dapat berdampak besar pada produktivitas Anda. Ponsel Anda bisa sangat mengganggu jika terus-menerus memberi tahu Anda tentang pesan masuk. Diamkan dan jauhkan dari pandangan, setidaknya saat Anda mengerjakan apa pun yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

3. Rapikan

Memiliki ruang kerja yang berantakan bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda adalah orang yang suka menjaga ketertiban. Luangkan sedikit waktu untuk merapikan meja Anda sebelum memutuskan untuk mengerjakan sebuah proyek sehingga pikiran Anda tidak melayang ke tumpukan kertas yang tertatih-tatih dan piring kotor yang bertumpuk di sekitar Anda.

Usahakan biasakan menyisihkan 5-10 menit di awal atau akhir setiap hari kerja untuk merapikan ruang kerja Anda. Selain meningkatkan fokus Anda, ini juga akan menjadi contoh yang baik bagi rekan kerja Anda dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda berusaha untuk tetap teratur.

4. Tetapkan jadwal

Saat Anda mulai bekerja di pagi hari, rencanakan hari Anda. Buat daftar apa yang ingin Anda capai dan putuskan apa yang akan Anda lakukan kapan – Anda lebih cenderung memaksa diri Anda untuk fokus jika Anda tahu bahwa Anda hanya memiliki waktu X untuk mengerjakan setiap tugas. Anda juga harus menjadwalkan waktu istirahat agar tidak lupa istirahat. Plus, memiliki jeda yang dijadwalkan untuk dinanti-nantikan mungkin juga membuatnya lebih mudah untuk menyerah.

Merencanakan hari ke depan juga akan memudahkan Anda untuk mempersiapkan pekerjaan sebelum Anda memulainya. Kumpulkan semua yang Anda tahu akan Anda perlukan sehingga Anda tidak kesulitan menemukan catatan dan dokumen penting saat Anda sedang bekerja, karena hal itu dapat mengganggu alur kerja Anda.

5. Pemberitahuan diam

Setel email, media sosial, dan pemberitahuan lainnya ke senyap saat Anda bekerja jika Anda kehilangan fokus setiap kali mendapat peringatan baru. Jika Anda mendapatkan banyak email selama hari Anda, Anda mungkin ingin menutup program email Anda selama satu atau dua jam sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada tugas yang ada.

6. Ganti itu

Jika Anda menemui jalan buntu di tempat kerja, coba beralih tugas atau coba ubah pendekatan Anda terhadap apa yang sedang Anda kerjakan. Misalnya, Anda dapat berkonsultasi dengan rekan kerja jika Anda terjebak pada sesuatu atau bertukar pikiran untuk mengetahui apakah Anda dapat mengambil sudut pandang yang berbeda untuk menyelesaikan masalah.

Jika atasan Anda setuju, Anda juga dapat mencoba mengubah jam kerja untuk sementara. Datang lebih awal atau larut malam dapat memberi Anda kesempatan untuk memanfaatkan waktu-waktu yang lebih tenang di kantor, membantu Anda memulai bisnis tanpa orang lain mengganggu Anda.

7. Gunakan headphone

Headphone, terutama yang menutupi telinga Anda, bisa menjadi penyelamat di tempat kerja. Jika Anda mendapati diri Anda terganggu oleh kolega Anda atau sumber kebisingan lain yang berada di luar kendali Anda, Anda mungkin ingin membeli headphone peredam bising untuk memblokir apa pun yang mengganggu Anda, temukan informasi nya di Kumpulan Berita Teknologi dan Gadget Terbaru.

Jika tidak, Anda cukup menggunakan headphone untuk mendengarkan musik yang menenangkan. Sesuatu tanpa lirik kemungkinan besar dapat membantu Anda fokus, jadi carilah daftar putar instrumental online yang dapat Anda kerjakan dengan baik.

8. Istirahat

Jangan lupa untuk beristirahat secara berkala untuk mengalihkan mata dari layar, regangkan kaki, dan minum atau air atau makanan ringan. Gunakan aplikasi untuk mengingatkan diri Anda agar bangun dan melakukan peregangan jika Anda tidak ingat melakukannya sendiri atau menyetel alarm untuk membantu Anda mengikuti beberapa jenis rutinitas, seperti bekerja selama 55 menit kemudian istirahat 5 menit.

Penting untuk memastikan bahwa Anda juga makan dengan baik dan tetap terhidrasi, jadi pastikan untuk sarapan dan makan siang yang padat dan minum banyak air sepanjang hari. Ini akan memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk menjalani hari-hari Anda dan akan menghentikan Anda dari teralihkan oleh rasa lapar atau haus.

Meskipun seringkali ada faktor di luar kendali kita yang dapat menyulitkan kita untuk fokus pada pekerjaan, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mempermudah kehidupan kerja kita. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk meningkatkan produktivitas Anda pada saat Anda mengalami kesulitan berkonsentrasi dan Anda akan menjadi ahli dalam menghindari gangguan sebelum Anda menyadarinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *