Folder Terkunci Baru Google Foto: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Di Google I / O 2021, perusahaan mengumumkan banyak fitur baru untuk produk Foto Google. Tetapi salah satu fitur baru untuk Foto Google yang sangat menonjol adalah, Folder Terkunci .

Ini adalah alasan lain mengapa pengguna cenderung tetap menggunakan Google Foto, bahkan setelah fitur penyimpanan tak terbatas dihilangkan pada 1 Juni. Yang membuat banyak orang kesal – termasuk milik Anda – tetapi karena betapa bergunanya Google Foto, ini kemungkinan Google tidak akan mengalami eksodus besar-besaran ketika perubahan tersebut terjadi pada 1 Juni.

Ini konsep yang cukup sederhana, tetapi Google belum memberikan banyak info tentang fitur tersebut. Jadi kami telah menyusun panduan ini untuk membantu Anda mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang Folder Terkunci Foto Google.

Apa itu Folder Terkunci Foto Google?

Google mengatakan bahwa Folder Terkunci Foto adalah cara bagi Anda untuk memindahkan foto ke dalam folder yang terkunci di belakang kode sandi. Sehingga ketika Anda menyerahkan ponsel Anda kepada seseorang untuk menunjukkan gambar kepada mereka, ketika mereka pasti menggulir perpustakaan Anda, mereka tidak menemukan gambar sensitif apa pun.

Tentu saja, contoh Google adalah surat izin mengemudi, paspor, dan hal-hal semacam itu. Tetapi kebanyakan orang kemungkinan besar akan menggunakan ini untuk menyimpan foto telanjang yang telah mereka ambil (dan kemungkinan besar dikirim ke orang terdekat mereka).

Folder Terkunci akan dikunci di belakang kode sandi ponsel Anda. Namun, itu tidak dibuka kuncinya setelah Anda membuka kunci ponsel. Anda harus mengetuk “Folder Terkunci” di dalam aplikasi Google Foto, lalu mengautentikasi diri Anda lagi. Jadi meskipun Anda menyerahkan ponsel kepada seseorang, dan mereka mengetuk Folder Terkunci, mereka tidak akan dapat mengaksesnya. Syukurlah. Anggap saja seperti aplikasi bank Anda, atau aplikasi lain yang memerlukan autentikasi.

Setelah Anda menambahkan foto ke Folder Terkunci, foto tersebut tidak akan muncul di kisi, kenangan, penelusuran, atau di album Anda. Sepertinya mereka benar-benar hilang, selain berada di Folder Terkunci. Artinya itu benar-benar terkunci dan aman.

Apakah foto dalam Folder Terkunci sudah dicadangkan?

Tidak.

Google ingin memastikan bahwa foto-foto di Folder Terkunci Anda aman, dan itu berarti Anda tidak dapat menyimpannya di awan. Kita semua pernah melihat contoh platform cloud diretas – seperti iCloud misalnya. Jadi, menjaga agar foto-foto ini tidak dicadangkan ke awan, berarti foto tersebut cenderung tidak jatuh ke tangan yang salah.

Jika Anda memindahkan foto yang ada ke Folder Terkunci, Google mengatakan bahwa “cadangan cloud untuk item ini akan dihapus”. Selain itu, mereka juga akan dihapus dari album, memori, dan pesanan cetak foto Anda yang sudah ada. Mereka juga tidak akan ditampilkan di smart display Google, seperti Nest Hub baru.

Google juga memiliki daftar panjang hal-hal lain yang tidak dapat dilakukan dengan gambar Folder Terkunci. Anda juga tidak akan dapat mengedit foto-foto ini, membagikannya, menambahkannya ke album atau buku foto dan Anda tidak akan dapat membagikannya di situs media sosial seperti Facebook atau Instagram. Itulah gunanya menyimpan foto-foto ini secara pribadi. Jadi meskipun kedengarannya banyak hal yang tidak bisa dilakukan di sini, itu memang desainnya.

Bagaimana Anda menambahkan ke Folder Terkunci?

Saat ini, Folder Terkunci hadir di perangkat Pixel terlebih dahulu. Jadi kami hanya benar-benar tahu cara kerjanya di ponsel cerdas Pixel untuk saat ini. Seperti yang dikatakan Google akan datang ke perangkat lain akhir tahun ini. Tapi itu belum diluncurkan.

Akan ada dua cara untuk menggunakan Folder Terkunci di Pixel . Pertama, Anda dapat menyimpan snap langsung ke folder dari Pixel Camera. Cara lainnya adalah dengan memindahkan gambar dan video yang ada ke folder setelah diatur. Google memang mengatakan bahwa perangkat non-Pixel hanya dapat melakukan yang terakhir, sayangnya.

Pertama, Anda ingin mengatur folder terkunci Anda. Jadi buka aplikasi Google Foto. Kemudian ketuk Perpustakaan, lalu Utilitas. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat “Folder Terkunci”, ketuk itu. Dan kemudian ketuk pada “Set Up Locked Folder”. Ini akan memandu Anda melalui pengaturannya, yang cukup sederhana.

Anda dapat dengan mudah memindahkan foto ke Folder Terkunci dalam Foto Google, seperti Anda menambahkan foto ke album. Tetapi untuk menambahkan foto baru ke folder ini secara otomatis, Anda perlu mengambil beberapa langkah. Jadi buka Kamera Pixel, lalu ketuk Galeri Foto, lalu Folder Terkunci. Jadi sekarang saat Anda mengambil foto baru, foto itu akan secara otomatis ditambahkan ke Folder Terkunci.

Ingatlah bahwa ini berarti setiap foto akan ditambahkan. Jadi mungkin lebih baik melakukannya nanti di aplikasi Google Foto. Kecuali jika Anda ingin setiap gambar yang pernah diambil ditambahkan ke Folder Terkunci. Untuk selengkapnya di Berita Teknologi Terbaru.

Dapatkah saya memindahkan gambar yang ada ke Folder Terkunci?

Iya. Dan inilah cara kebanyakan orang akan menggunakan Folder Terkunci.

Seperti disebutkan di atas, Anda dapat memilih untuk mengirim setiap foto ke Folder Terkunci, tetapi kemungkinan itu tidak ideal. Jadi, kebanyakan orang akan pindah ke folder tersebut setelah diambil.

Untuk memindahkan foto ke Folder Terkunci, pilih yang Anda inginkan, dengan menekannya lama (Anda harus melakukan ini di ponsel cerdas Anda, dan bukan di situs web Foto Google). Kemudian ketuk opsi “Lainnya” di pojok kanan atas. Selanjutnya, ketuk “Pindah ke Folder Terkunci”. Dan kemudian ketuk “Pindahkan” untuk memindahkannya ke Folder Terkunci. Sekarang mereka akan berada di folder yang dilindungi kata sandi.

Seperti yang telah kami sebutkan, setelah Anda memindahkan foto ke Folder Terkunci, foto tersebut tidak akan dicadangkan ke cloud. Kecuali Anda memilih untuk mengunggahnya di tempat lain seperti Dropbox, Google Drive, atau di tempat lain.

Apa perbedaan antara ini dan Folder Aman Samsung?

Ketika Google pertama kali mengumumkan ini, sepertinya Locked Folder merupakan perbedaan besar dari Secure Folder milik Samsung sendiri. Tetapi sekarang setelah kami mendapatkan lebih banyak informasi tentang fitur ini, tampaknya sebenarnya sangat mirip.

Folder Aman Samsung adalah cara bagi Anda untuk menambahkan file, gambar, dan lebih banyak item ke folder terkunci yang diamankan dengan kata sandi. Sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya. Perbedaan besar di sini adalah Google Foto tidak melakukan ini dengan dokumen, hanya dengan Foto. Terutama karena tidak dapat diunggah ke cloud.

Jadi sejujurnya, ini pada dasarnya adalah Folder Aman Samsung, tetapi sekarang untuk semua Android (dimulai dengan Pixel, tentu saja).

Ponsel cerdas mana yang mendapatkan akses ke fitur ini?

Google mengatakan bahwa fitur Folder Terkunci akan tersedia untuk Pixel terlebih dahulu. Dan akan diluncurkan ke smartphone Android lainnya akhir tahun ini. Meskipun kami tidak tahu pasti smartphone Android lain mana yang kompatibel, kami tahu ponsel Pixel mana yang kompatibel:

  • Pixel 3
  • Pixel 3 XL
  • Pixel 3a
  • Pixel 3a XL
  • Pixel 4
  • Pixel 4 XL
  • Pixel 4a
  • Pixel 4a 5G
  • Pixel 5

Kami dapat mengumpulkan dari daftar ini , bahwa perangkat apa pun yang dirilis setelah 2019 akan didukung (meskipun Pixel 3 keluar pada akhir 2018). Tapi itu belum pasti.

Apakah itu layak digunakan?

Jika Anda setuju dengan foto-foto ini tidak dicadangkan ke awan, maka itu pasti layak digunakan. Terutama jika Anda khawatir tentang beberapa foto sensitif diakses melalui peretasan, atau orang lain melihatnya ketika Anda memberikan ponsel Anda.

Folder Terkunci Foto Google baru hanyalah alasan lain untuk menggunakan Foto Google di atas pesaing mana pun yang ada di luar sana. Google tahu itu dilakukannya ketika menawarkan penyimpanan tak terbatas selama hampir tujuh tahun, dan kemudian menarik permadani keluar dari bawah semua orang dengan mematikan opsi penyimpanan tak terbatas (kecuali untuk Piksel).

Fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, Google belum meluncurkannya dan belum mengatakan kapan itu akan datang. Tetapi sangat diragukan bahwa itu membutuhkan Android 12 untuk berfungsi. Tetapi mengingat dikatakan bahwa itu akan diluncurkan ke perangkat Android tambahan “sepanjang tahun” kemungkinan akan datang jauh sebelum Musim Gugur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *