11 Cara Sederhana untuk Merawat Komputer Anda

Computer Care - Can I Do it Myself? - Page Design ProKomputer Anda adalah investasi elektronik berharga yang perlu dirawat. Berikut beberapa tip dasar dan sederhana untuk merawat komputer Anda.

1. Dapatkan Pelindung Empuk untuk Laptop Anda

Ambil tas laptop, tas laptop, atau tas buku laptop untuk dibawa-bawa ke komputer Anda. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk membuatnya sendiri dari kantong tidur atau bantal. Menjatuhkan laptop Anda beberapa kali dapat menyebabkannya crash dan menghapus semua dokumen penting Anda.

2. Bersikaplah Baik dengan Baterai Anda

Baterai laptop hanya akan bertahan selama beberapa tahun. Jadi cobalah untuk tidak membiarkan baterai Anda terus terisi setiap saat. Setelah baterai selesai diisi, cabut kabel daya atau lepas baterai. Anda juga harus mengisi baterai hingga penuh sebelum mencabut kabel daya dan juga menggunakan baterai hingga penuh sebelum mengisi ulang.

3. Gunakan Antivirus dan Firewall

Penting untuk menggunakan program antivirus yang diperbarui. Biayanya lebih dari $ 150 untuk memperbaiki komputer Anda jika Anda terkena virus atau spyware. Anda juga ingin melindungi informasi rahasia yang mungkin Anda miliki di komputer Anda. Temukan Kumpulan Berita Informasi Terpercaya untuk melindungi komputer Anda dari virus.

4. Defragmentasi Hard Drive Anda

Jika Anda menggunakan Mac, komputer Anda sudah terawat dengan sendirinya secara teratur. Jika Anda menggunakan PC, Anda harus mendefrag hard drive secara teratur agar komputer Anda bekerja lebih cepat.

Untuk mengakses Disk Defragmenter Anda:

  1. Klik Mulai
  2. Program
  3. Aksesoris
  4. Alat sistem
  5. Disk Defragmenter

5. Declutter

Singkirkan file lama yang tidak Anda butuhkan lagi. Gunakan Disk Cleanup untuk menghapus file sementara, file di recycle bin, dan file lain yang tidak Anda perlukan lagi.

Untuk mengakses Disk Cleanup:

  1. Klik Mulai
  2. Semua program
  3. Aksesoris
  4. Alat Sistem
  5. Pembersihan disk

Anda juga harus membersihkan riwayat penjelajahan dan unduhan jika Anda tidak membutuhkannya lagi.
Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox, buka:

  1. Alat
  2. Hapus Riwayat Terbaru

Jika Anda menggunakan Google Chrome, buka:

  1. Pengaturan (ikon kunci inggris di sebelah kanan)
  2. Sejarah
  3. Edit item
  4. Hapus semua data penjelajahan

6. Format Ulang Komputer Anda

Jika komputer Anda rusak, pertimbangkan untuk mencadangkan semua file Anda dan menginstal ulang sistem operasi Anda. Saya merasa terkadang merepotkan tetapi saya melakukannya untuk perlindungan saya sendiri, terutama setelah saya menghapus virus atau spyware dari komputer saya.

7. Berhati-hatilah dengan Makanan dan Minuman

Anda tidak akan percaya berapa banyak komputer yang rusak karena kecelakaan yang melibatkan makanan dan minuman (terutama kopi, menurut hubber hotwebideas). Gunakan kantin atau botol dengan tutup untuk menghindari minuman tumpah ke komputer Anda. Hati-hati saat makan makanan dengan saus karena tumpahan sederhana bisa menyebabkan masalah besar.

8. Nonaktifkan Program yang Tidak Anda Gunakan

Jika komputer Anda membutuhkan waktu lama untuk memuat, itu mungkin karena memuat program yang diatur untuk dijalankan saat startup. Lihat program mana yang tidak perlu Anda jalankan saat startup dengan mengakses Konfigurasi Sistem dan menonaktifkannya.

Untuk mengakses Konfigurasi Sistem dan memeriksa program mana yang berjalan saat startup, buka:

  1. Klik Mulai
  2. Klik “Jalankan …”
  3. Ketik “msconfig”
  4. Klik tab “Startup”
  5. Hapus centang program yang tidak ingin Anda muat saat startup
  6. Klik “Apply” dan kemudian “OK” (mungkin komputer Anda harus dihidupkan ulang)

9. Jaga Komputer Anda Tetap Dingin

Hindari menggunakan komputer Anda pada permukaan yang lunak (seperti tempat tidur Anda) karena itu akan mencegah udara mengalir melalui komputer Anda. Cobalah untuk menemukan permukaan yang dingin dan keras untuk komputer Anda untuk mencegah panas berlebih dan untuk mendorong aliran udara. Jika Anda memiliki ruang bawah tanah yang dapat digunakan dan sejuk, pertimbangkan untuk menggunakan komputer Anda di sana. Anda juga harus membeli bantalan pendingin atau kipas untuk mencegah panas berlebih.

10. Jangan Berlari Terlalu Banyak Sekaligus

Setiap program membutuhkan sedikit CPU Anda. Bersabarlah jika Anda mencoba menjalankan sebuah program dan itu memakan waktu cukup lama. Jangan langsung menekan tombol daya setiap kali komputer Anda membeku selama satu menit. Tunggu beberapa saat dan kemudian gunakan intuisi Anda untuk menilai apakah Anda harus melakukan boot ulang atau tidak.

Cobalah untuk tidak menjalankan terlalu banyak program dan tab sekaligus. Tutup semua program dan tab yang tidak Anda perlukan untuk menghindari pembekuan komputer.

11. Bersihkan Komputer Anda

Sangat penting untuk membersihkan komputer Anda untuk mencegah debu mengurangi aliran udara, yang dapat membuat komputer Anda kepanasan. Anda dapat mengambil Air Dusters untuk membersihkan debu secara teratur. Berhati-hatilah saat membersihkan komputer Anda.

Cara membersihkan monitor Anda:

  1. Siapkan kain lembut dan basahi dengan air dingin.
  2. Seka monitor Anda ke bawah dengan hati-hati dan lembut. Jangan menekan terlalu keras ke layar.
  3. Jangan tinggalkan tetesan air yang dapat merusak komponen internal.

Begitu pula jika membersihkan layar laptop, anda bisa melihat Tips Membersihkan Layar Laptop dan melakukannya . Lalu,pastikan port komputer Anda tidak tersumbat (biasanya dari debu) untuk menghindari keharusan menyewa tenaga profesional untuk membersihkannya.

Cara membersihkan port komputer Anda:

  1. Matikan komputer Anda.
  2. Gunakan kipas angin atau sekaleng udara bertekanan (Anda bisa mendapatkannya di toko perkantoran rumah seperti Staples atau Office Depot) untuk menerbangkan debu dan sampah apa pun yang Anda bisa.
  3. Gunakan tusuk gigi atau jarum untuk membersihkan kotoran dengan hati-hati.
  4. Ambil kipas angin atau udara bertekanan untuk menghilangkan lebih banyak kotoran.
  5. Gosokkan alkohol ke kapas atau ujung kapas untuk membersihkan area di sekitar port.
  6. Tunggu hingga komputer Anda kering sebelum menyalakannya kembali.
  7. Bersihkan komputer Anda secara teratur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *