Bagaimana Cara Membangun Generator Sepeda Dasar

Generator sepeda dasar bisa menjadi proyek yang sangat sederhana dan menyenangkan bagi pendatang baru dan amatir di dunia elektronik dan penemuan. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan dua jenis generator yang berbeda. Yang pertama untuk sepeda kayuh. Ini dapat dipasang ke sepeda ke mana pun Anda pergi. Yang lainnya untuk sepeda statis. Dengan yang satu ini, Anda dapat dengan mudah mengisi daya baterai atau menyalakan TV kecil.

Memperoleh Motor – Langkah pertama adalah mendapatkan motor DC untuk generator sepeda. Ini dapat diperoleh dari komputer atau printer lama. Motor hadir di hampir setiap barang elektronik. Anda bahkan bisa online dan membeli motor baru dengan harga yang terjangkau. Setelah Anda memperoleh atau membeli motor, Anda perlu melepas o-ring dan roda gigi plastik.

Pasang Motor – Langkah selanjutnya adalah memasang motor ke ban belakang sepeda. Ini akan memungkinkan ban memutar poros motor. Anda juga perlu memasang semacam cakram di lengan motor ini. Ini akan memungkinkannya menyentuh ban. Selalu lebih baik menggunakan cakram karet besar karena dapat memberikan gesekan yang baik. Pembubutan akan menyebabkan tegangan dengan mudah melewati kabel pada motor ini.

Prosedur Dasar Sepeda Stasioner – Pertama, mari kita bicara tentang sepeda statis. Jika Anda mencoba membuat generator sepeda stasioner, Anda juga harus membuat dudukan. Ini akan memastikan ban belakang Anda terangkat. Anda harus menggunakan multimeter atau voltmeter untuk mengukur tegangan yang dihasilkan motor Anda saat Anda mengayuh. Biasanya, ini cukup untuk menyalakan TV kecil atau mengisi baterai 12 volt.

Langkah selanjutnya adalah memasang pengatur tegangan ke ujung motor, mencapai peralatan apa pun yang ingin Anda isi daya atau jalankan. Jika tidak menggunakan regulator, baterai bisa meledak. Bagi Anda yang belum tahu, pengatur tegangan adalah chip kecil. Mereka dapat dengan mudah disolder ke sirkuit. Cukup sederhana dan mudah untuk mendapatkan skema untuk setiap regulator tegangan. Anda bisa mendapatkannya di toko elektronik atau online.

Setelah Anda menggunakan pengatur tegangan dengan motor untuk generator sepeda, Anda bebas menjalankan alat yang kompatibel. Anda bisa mendapatkan daya sekitar 100 hingga 200 watt. Namun, Anda perlu menggunakan jenis motor yang tepat.

Prosedur Dasar Sepeda Bergerak – Sebaliknya, jika Anda mencoba membuat generator pada sepeda yang bergerak, Anda hanya perlu memasang dudukan baterai di dekat ban belakang. Akan lebih baik jika Anda memasangnya tepat di atas ban. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan kabel penghubung yang panjang. Anda juga perlu memastikan bahwa kabelnya kencang dan tidak tersangkut ban. Langkah-langkah selanjutnya sama dengan generator sepeda stasioner.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *