Lima tanaman tahunan yang mudah ditanam dalam pot dan wadah

Five easy perennial herbs to grow in pots and containers | Stuff.co.nzTumbuhan tahunan, atau evergreen herbs yang diproduksi tahun demi tahun dari tumbuhan yang sama seperti bay atau rosemary, umumnya cukup kuat untuk menahan panas, kondisi kering di sebagian besar wadah, dan dapat ditanam sepanjang tahun. 

Di akhir musim, herba tahunan seperti dill, chervil, basil, dan ketumbar semuanya dapat ditaburkan di bak atau baki untuk dipotong sebagai daun bayi. Tetapi jangan menaburnya sekarang karena tanah tidak cukup hangat untuk mereka berkecambah.

Jamu abadi yang mudah ditanam dalam pot meliputi:

• Daun mint:  Daun mint menyukai akar yang sejuk dan tanah yang lembab, yang berarti tanaman ini merupakan ramuan yang sempurna untuk wadah di balkon yang teduh atau di sepanjang jalan samping yang menghadap ke selatan rumah Anda.

Jika terlalu kering, maka akan jauh lebih mudah terserang penyakit jamur karat. Siapkan daun mint musim dingin berkerut, mint Vietnam yang menyengat, dan spearmint manis. Mulsa bagian atas pot dengan kulit kayu yang halus untuk menjaga rimpang yang merambat sedikit lebih dingin di musim panas.

• Oregano dan timi:  Jamu klasik Mediterania ini benar-benar terasa lebih enak jika dipaksa hidup keras, karena ia memusatkan minyak esensial di dedaunannya – dan itulah yang memberi mereka rasa dan aromanya. Gabungkan oregano dengan timi dalam pot yang sama karena kebutuhan mereka yang terus meningkat identik.

Kedua tumbuhan ini tahan kekeringan setelah terbentuk, namun Anda perlu menyiramnya secara teratur selama beberapa bulan pertama. 

• Rosemary sujud atau merayap: Ini tetap jauh lebih kompak daripada bentuk tegak tradisional, jadi lebih cocok untuk kultur wadah.

Pastikan Anda menanamnya dalam pot besar dengan lubang drainase yang memadai. Tanpa drainase yang baik di musim dingin, jari-jarinya cenderung naik. Anda juga perlu menambahkan kerikil atau scoria sepanjang 5 cm ke dasar pot Anda saat menanamnya.

• Marigold Meksiko:  Ramuan abadi lainnya untuk percikan warna dalam wadah adalah marigold Meksiko yang lebat, Tagetes lemonii , yang, selain memiliki bunga cantik yang bisa dimakan, memiliki dedaunan aromatik yang digambarkan sebagai campuran mint, kamper, jeruk, dan markisa . (Beberapa penggemar yang kurang antusias mengatakan baunya juga mirip kencing kucing!)

Ini adalah ramuan yang sangat indah, berbunga terus menerus hampir sepanjang tahun. Benih bisa sangat sulit ditemukan namun sangat mudah dipelihara dari stek jika Anda melihatnya di kebun teman (atau, ahem, taman umum). Saya suka menambahkan satu atau dua tangkai ke kendi berisi air es di musim panas; itu memberikan rasa mentimun segar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *